Kamis, Oktober 04, 2007

Apa itu Langit Malam ?

Langit Malam adalah sebuah peta langit yang berisi posisi Bintang di Langit, dicetak diatas kertas berbentuk lingkaran. Peta langit ini bentuknya seperti piring dan disebut juga planisphere. Itu sebabnya blog ini namanya Langit Malam. Peta tersebut saya desain dan hitung sendiri dari sumber yang banyak, dari buku maupun internet.

Untuk memahami, membaca dan mengerti bagaimana sebuah peta bintang, pada blog ini dijelaskan juga bagaimana dasar pembuatan sebuah peta bintang. Tidak diperlukan pengetahuan yang tinggi atau pemikiran yang sulit.

Pengetahuan utama yang diperlukan untuk menggunakan peta Langit Malam adalah membaca Kompas dengan benar. Mengetahui arah Selatan, Barat dan Timur dari pembacaan Kompas, setelah arah Utara ditemukan.

Kemudian adalah bisa membayangkan sebuah lingkaran itu terdiri dari 360 derajat dan pembagian waktu jam, menit dan detik. Juga sudah pernah membaca peta dataran seperti peta kota atau peta yang digunakan di sekolah dasar. Bisa membedakan dari peta mana Garis Bujur dan atau garis Lintang.

Waktu baik untuk mengamati langit biasanya bisa dimulai jam 19:00 waktu setempat sampai pagi hari sebelum Matahari terbit. Lokasi pengamatan harus cukup gelap dan tidak langsung terkena cahaya lampu. Adaptasi mata terhadap lingkungan yang gelap akan tercapai optimum setelah 30 menit ditempat gelap. Jadi pengamatan yang baik harus dilakukan dengan waktu paling tidak satu jam.

Perlu diingat bahwa anda mungkin tidak berhasil menggunakan peta ini pada pengamatan pertama, untuk itu perlu latihan dan ketekunan untuk mengulang lagi pengamatan sesering mungkin. Selamat mencoba dan menjelajahi Langit Malam.

1 komentar:

ESA mengatakan...

tolong kirimi saya peta langit malam lewat email saya: esatucumasatu@gmail.com terimakasih.